Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar - Alhamdulillah kali ini saya akan update postingan lagi. Dan kali ini saya akan membahas tentang Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar. Dan jangan lupa untuk membaca postingan saya sebelumnya tentang Gambar, Bagian, dan Fungsi Mikroskop Monokuler.
Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar
Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar

Berikut ini adalah Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar :

Tahap Persiapan
  1. Keluarkan mikroskop dari tempatnya, lensa okuler dan lensa objektif.
  2. Pasanglah lensa okuler mulai dari perbesaran lemah, kemudian pasang semua lensa objektif masing-masing pada tempatnya.
  3. Siapkan preparat yang akan diamati.
  4. Carilah tempat yang baik agar mikroskop dapat mendapatkan cahaya yang baik.
     
Tahap Inti
  1. Letakkan mikroskop di atas meja, untuk memindahkan mikroskop gunakan cara yang benar yaitu tangan kiri memagang lengan mikroskop dan tangan kanan menopang kaki mikroskop.
  2. Putar revolver sehingga lensa objektif dengan perbesaran lemah berada pada posisinya suatu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.
  3. Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat.
  4. Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit benda.
  5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar objek/benda dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus.
  6. Apabila bayangan objek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa objektif dengan ukuran dari 10 X, 40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik.
  7. Apabila selesai digunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab.
     
Demikian artikel ini tentang Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar . Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan sudah bisa menggunakan mikroskop dengan baik dan benar.

2 Responses to "Cara Menggunakan Mikroskop dengan Baik dan Benar"